Hal Baru

Powered by Blogger.

Thursday, April 3, 2014

IDENTIFIKASI KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH



Pembangunan perumahan dan permukiman merupakan pembangunan nasional yang diarahkan untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya, berjati diri, mandiri, dan produktif.  Pembangunan perumahan dan permukiman juga memiliki arti penting karena bersifat multi sektor, menyentuh kebutuhan dasar manusia, serta menyangkut kepentingan aktor-aktor pembangunan (masyarakat, swasta dan pemerintah).
Di sisi lain, pembangunan perumahan dan permukiman dihadapkan pada berbagai tantangan seperti ketersediaan lahan skala besar, kesiapan instrumen keuangan, ketersediaan prasarana dan sarana, ketersediaan instrument perencanaan dsb.  Karena itu pembangunan perumahan dan permukiman memerlukan komitmen yang kuat dari semua aktor pembangunan serta diarahkan pada peningkatan akses semua lapisan masyarakat.Salah satu tantangan dalam perumusan kebijakan bidang perumahan dan permukiman adalah kelangkaan data. Data bidang perumahan dan permukiman sangat jarang diterbitkan serta masih meliputi variabel-variabel yang sangat makro sehingga sulit dijadikan acuan dalam merumuskan permasalahan / isu.  Kondisi ini selanjutnya menyebabkan lemahnya upaya merumuskan kebijakan dan program perumahan dan permukiman.
Untuk dapat dijadikan acuan, data harus sesuai dengan kebutuhan (demandable), pemanfaatan (usable), ketepatan (reliable) dan berorientasi pada kearifan local (local based). Kenyataan menunjukkan bahwa data perumahan dan permukiman selama ini masih sangat terbatas dan kurang valid pada kualitas ataupun kuantitasnya.  Data dimaksud meliputi data isu da permasalahan, kondisi  fisik dan eksisting, prasarana, sarana  dan utilitas, serta data program. Pendanaan regulasi dan kelembagaan  di daerah yang pada gilirannya keterbatasan dan ketidakvalidan data tersebut sangat mempengaruhi tidak efektifnya pelaksanaan pembangunan perumahan dan permukiman. 
Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Permahan dan Kawasan Permukiman Mengamanatkan bahwa Pemerintah dalam melakukan pembinaan mempunyai wewenang menyusun dan menyediakan Basis Data Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Contoh hasil Identifikasi Kawasan Permukiman kumuh, dapat di download pada link di bawah ini:

Demikian saja tentang IDENTIFIKASI KAWASAN PERMUKIMAN KUMUH, kalau ada pertanyaan atau permintaan silahkan emailkan ke gmaniat2@gmail.com
Terimakasih,
Genius MLA
 
Comments
0 Comments

Kumpulan Peta

 

Cerah

Now